Sabtu, 22 Juli 2017

Apa itu Mengaji??? | Privat Ngaji Surabaya dan Sidoarjo 083857171052 / 089677605868

Mengaji atau Ngaji adalah sebuah kata yang tidak asing di telinga kaum muslimin khususnya indonesia, Ngaji adalah bahasa jawa yang berasal dari kata NGA dan JI, nga (Sanga) ji (Siji).

Sanga atau songo (9) artinya lubang sembilan yaitu 2 lubang mata, 2 lubang hidung, 2 lubang telinga 1 lubang mulut, 2 lubang bawah yaitu anus dan kelamin.
dari lubang itu semua timbulnya sesuatu kotor dan bisa berdosa bila salah dalam memanfaatkannya.

Siji (1) Artinya kita sebagai manusia harus mengimani 1 Tuhan yaitu Alloh Swt yang menciptakan kita dan Maha Segalanya atas yang dikehendaki-Nya.

Menurut kebanyakan orang mereka mengartikan Mengaji adalah dilakuakan oleh mereka yang memakai pakaian muslim berpeci atau berkerudung serta dengan membaca Kalam Ilahi,Pemikiran yang seperti itu kami anggap kurang tepat seiring perkembangan Zaman.
mengapa?

Karena ngaji atau dalam Bahasa Arabnya Thoalbul Ilmi (Menuntut Ilmu) itu dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, tidak harus di bangku Madrasah,Masjid,Musholla/Langgar,atau Tempat Majelis tiadak mengenal waktu atau usia untuk Belajar Mengaji.

Sabda Nabi Muhammad Saw :

''Carilah Ilmu sejak dari Buaian hingga ke Liang lahat''(Al Hadist)


Kembali pada kata Ngaji, Ngaji adalah memusatkan Lubang Sembilan yang ada pada kita pada satu tujuan untuk mendengar dan menelaah ilmu serta mengamalkannya semata-mata untuk mengharapkan Ridhonya Alloh SWT.

Ngaji di wajibkan kepada setiap muslim, baik pria maupun wanita. Tak terkecuali jika mereka mengaku sebagai hamba yang beriman dan bertaqwa kepada Alloh SWT.

Kesimpulan :

Makna Mengaji yaitu Belajar untuk igin mengetahui sesuatu yang belum ia ketahui dalam makna kehidupan ini, dengan diniati rasa senang dan semangat yang tinggi untuk belajar mengenal Agama islam yaitu dengan Mengaji Al Qur'an dan mempelajari isinya.

Semoga Bermanfaat...





Tidak ada komentar: